Friday, April 11, 2008

Jangan Ada Prasangka, Dong...

Pengennya bisa menjalin pertemanan, bahkan persaudaraan sama orang-orang yang tidak terkait hubungan darah dengan baik. Bisa bercerita, berbagi, dan gembira bersama. Enggak ada prasangka, enggak ada perasaan enggak enakkan karena khawatir menyinggung, khawatir terlalu kelewatan, dll. pengennya santailah pokoknya.

Namanya juga namanya.... Kepribadian orang mah beda-beda. Ada yang egois, pemalu, cuek, sensitif, posesif, agresif, aktif, insentif, kolektif, ih... ngelantur :D

Tapi bener, deh. Pengen banget terus terang kalau misalnya ada yang gak disukai atau ada yang gak sreg, maunya aku bisa langsung ngomong terang-terangan. Awalnya aku sih asyik-asyik aja kayak gitu. Misalnya, pagi ini aku ngomong ama seseorang kalau aku gak setuju ama seseorang. Pagi sampai siang sih aman, damai, sentosa. Malamnya dapat sms panjaaaaaaaaaaaaaaaaang kali lebar yang bilang kalau dia merasa tersinggung. Duh, kenapa gak bilang langsung pas tadi ketemu. Kalau memang orang yang aku bilangin tuh gak ketemu atau berada di tempat yang jauh, aku akan maklum penyampaian ketidaksetujuannya via sms atau YM. Tapi kalau yang saban hari ketemu? Em... aku jadi merasa kalau diriku terlampau arogan, egois, keras kepala, yang enggak bisa diajak kompromi. Kesannya aku tuh bebal banget sampai gak bisa dibilangin secara langsung.

Karena aku penganut paham bicaralah secara langsung apa yang kamu suka atau enggak suka kepada orang lain, atau tanyalah langsung kepada narasumber kalau kamu merasa ada hal-hal yang besangkutan dengan orang tersebut dan kamu enggak sepaham, maka aku pun bersikap demikian untuk diriku. Aku amat menghargai sekali jika orang-orang bertanya langsung kepadaku tentang suatu hal yang berhubungan denganku yang didengar dari orang lain. Atau jika ada hal-hal dariku yang enggak menyenangkan, aku terima jika orang tersebut ngomong secara langsung ke aku. Sungguh, aku menerima itu, bahkan lebih menghargainya daripada menggunjingkannya di belakang atau tiba-tiba ada pesan-pesan sponsor yang kuterima dari orang lain.

Anyway, emang cara orang beda-beda. Semoga aku bisa lebih baik menyikapi itu semua.

4 comments:

semuacinta said...

yang jelas bukan gw yg ngirim sms sampe panjang2 gitu... rugi pulsa booo... sekarang ada satu yang gw ga setuju! kenapa gambarnya tazmaniaaaaaaaaa! itu idola gw waktu kuliaaah! ga rela!

Ian Hamzah said...

gw tau bgt itu bukan elo, mbak. pan elo biasanya jg pake pulsa gw kalo sms :p
itu gambarnya tazkia, eh tazmania biar klop ama "roarer" :D

semuacinta said...

nambah: cerita dunk siapa seseorang itu... ehm.... btw, ini hasil rekap kemaren ya? hihihi...

Ian Hamzah said...

yah... adalah pokoknya. yg penting gmn caranya gw bisa bicara tepat & gak mudharat