Monday, April 14, 2008

Jalani Saja

Satu minggu itu ada tujuh hari lho, Senin sampai Ahad. Tapi dari hari Senin sampai ketemu Senin, kok ya ndak ada free day, ya?

Begitulah kenyataan jadwalku. Maklumlah, penganut "Sabtu Kerja Itu Keren", so mesti mengais rezeki di hari itu. Ahad tentu saja liburlah, tanggal merah permanent. Tapi kegiatanku sampai 2 bulan ke depan mengharuskan aku untuk gerilya di tiap hari Ahad, dari pagi sampai malam. Pulangnya kadang ngalahin pulang hari kerja yang bisa sampai rumah sebelum Maghrib. Capek? Jelaslah....

Tapi semua itu aku syukuri, aku jalani dengan senang hati. Aku ingat perkataan seorang tokoh pergerakan yang menyebutkan bahwa
kewajiban kita lebih banyak daripada waktu yang kita miliki.
Aku menganggap semua yang aku jalani sebagai kompensasi dari posisiku sebagai umat, sebagai anggota masyarakat, sebagai anggota keluarga. Jika menjalankannya hanya sekadar untuk menggugurkan kewajiban, rasanya tidak berkesan. Oleh karena itu, aku berharap bisa konsisten menjalankannya dengan suka cita. Semoga fisikku pun mampu memahaminya, jadi aku enggak gampang sakit-sakitan. Amin....

No comments: