Tuesday, April 12, 2011

MLM? Kosmetik? Ih, Gak Gue Bangeeet!!!

Assalamu'alaikum....

Ah... dah lama banget gak nengokin blog ini. Padahal hampir tiap hari online (di kantor), tapi gak sempet nulis2 seperti dulu. Dikejar dari satu deadline ke deadline yang lain. Fyiuuuh...

Kabar terbaru dari saya.... alhamdulillah, saya hamil lagi! *tersipu-sipu. Setelah akhir masa nifas dan selama setahun tidak haid, pas Azzam usia 1thn berapa bulan gitu, saya baru haid lagi. Nah, setelah dapat haid 2 kali, ternyata saya gak haid2 lagi. Awalnya sih saya kira telat, soale kan emang siklus saya munduuuuur terus. Tapi kok sering mual2, ya? iseng2 tespek (ini udah tespek yg ketiga yg saya pakai setelah berhenti nifas). dan, taraaaa.... dua garis. alhamdulillah.

Nah, ternyata hamil yg kedua ini pake acara mual2 sama seperti kehamilan pertama. Cuma ya krn udah pengalaman, saya ngerasanya gak separah waktu hamil si kakak. trus, kok rasanya juga (ini kok rasa2nya mulu ya?) janin yg sekarang ini lebih kalem. emaknya aja yg jadi makin cuek beibek. kemana2 sering sendiri dan naik motor sendiri. naik busway jauh2 dari dan ke senayan-kp. rambutan dijabanin, padahal gak pernah dapet tempat duduk. gak ada yg tau (dan mungkin gak percaya) saya hamil. iya, biarpun udah hamil 4 bln, perut saya gak terlalu keliatan mlendung. lagi pula pakaian saya selalu besar-besar.

Karena ngerasa bakalan punya buntut dua, dan agak berat nantinya kalo saya masih kerja di luar rumah, saya pun mulai mencari2 alternatif pekerjaan yg (kalau) bisa dikerjakan di rumah aja. sebenernya udah dari kapan tau usaha dagang kecil2an. waktu itu pernah jualan gamis, tp mentok sampai orderan kedua, krn saya gak sanggup utk modal yg gak kecil beli selusin tiap order. padahal, konsumen saya bayarnya pake acara nyicil. trus, saya ikutan juga jualan buku2 MDS, tp krn saya juga kerja di sebuah penerbitan islami, saya pun sungkan beriklan di jejaring dunia maya saya, yg padahal potensial utk promosi dagangan saya itu. akhirnya, tersendat2 jg.

Trus, saya nyerah gitu? Em... sempet kepikiran jg, mungkin saya ini gak bakat jualan kali ya. soale kok jualan saya gak ada yg maju2. sampe akhirnya saya terkompori Mpok Mimin, partner in crime saya di kantor penerbitan yg dulu, untuk join bisnisnya dia. eh, ternyata modalnya gak pake mahal, cuma Rp 39.900.

Awalnya sempet ragu. Bisnis ini kan MLM, jualannya juga kebanyakan kosmetik. Dan.... kayaknya gak gw bangeeeet, deh. denger kata MLM di pikiran saya cuma terbersit usaha tipu-menipu, harus ngejar2 poin, targetnya tinggi2, bonusnya pasti mustahil dicapai, dll gambaran negatif MLM. trus, dagangannya kosmetik. alamaaak... saya kan gak dandan. pake bedak aja udah, syukur banget. lah gimana ngejualinnya? em... mau tau kisah saya survive di bisnis ini? pantengin terus blog saya yaaa  :)

No comments: